Select Page

Salah satu alat wajib yang dimiliki ibu untuk memenuhi ASI Eksklusif si Kecil adalah pompa ASI. Memompa ASI tidak hanya dapat membantu memberikan si Kecil ASI Eksklusif, lhoMoms. Memompa ASI dengan cara tepat juga dapat membantu Moms meningkatkan produksi ASI. 

Beruntungnya, saat ini sudah banyak merek pompa ASI yang bisa Moms temukan di pasaran. Tapi, tahukah Moms bahwa tidak semua pompa ASI itu sama? Berdee D1 Breast Pump, misalnya, memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pompa ASI lainnya. Salah satu keunggulannya adalah memiliki mode duet. 

Apa itu mode duet dan apa lagi kelebihan lainnya? Yuk simak Babyo ReviewBerdee D1 Breast Pump berikut ini! 

Apa Kelebihan Pompa ASI Berdee D1? 

Double Motors 

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh Berdee D1 Breast Pump adalah memiliki double motors. Fitur double motors yang dimiliki Berdee D1 Breast Pump memungkinkan Moms memompa kedua payudara sekaligus dengan level yang berbeda. Seperti kita ketahui, terkadang kita memerlukan daya isap yang berbeda saat memompa ASI ya, Moms. Dengan fitur ini, kegiatan memompa ASI pun akan lebih nyaman. 

Mode Duet 

Kedua, Berdee D1 Breast Pump memiliki fitur mode duetnya. Jika biasanya pompa ASI elektrik hanya dilengkapi oleh mode massagedan suction saja, Berdee D1 Breast Pump dilengkapi dengan mode duet. Mode duet merupakan mode massagedan suction secara bersamaan. Jadi Moms tidak perlu mengganti-ganti mode massageke suction dan sebaliknya. Dengan mode duet, Moms akan secara otomatis merasakan pergantian mode massageke suction dengan pola 3 kali massage dan 1 kali suction. 

Botol Susu PPSU 

Berbeda dengan pompa ASI lainnya, Berdee menyediakan botol susu dengan bahan Polyphenylsulfone (PPSU). Tahukah Moms bahwa PPSU merupakan bahan plastik yang memiliki daya tahan dan toleransi terhadap panas yang lebih baik dibandingkan plastik PES dan PP. Selain itu, plastik PPSU juga tidak menyerap bau dan warna, lhoMoms. Plastik dengan tekstur yang lebih keras dan memiliki warna kekuningan ini juga tidak mengandung BPA (Bisphenol A) yang diduga memiliki dampak buruk terhadap peningkatan risiko penyakit jantung hingga kanker, dan gangguan perilaku pada anak-anak. 

Alarm 

Memberikan ASI, baik dengan cara memberikan ASI secara langsung dari payudara maupun memompa ASI harus dilakukan dengan rutin. Salah satu akibat dari memompa ASI tidak rutin adalah pasokan ASI akan menurun. Sebab, seperti yang kita ketahui, supply ASI akan sangat ditentukan oleh faktor demand. Untuk mempermudah hal tersebut, Berdee D1 Breast Pump menyediakan fitur Alarm yang dapat diatur sehingga dapat menjadi pengingat sesi memompa ASI selanjutnya. 

Tombol Lock 

Tidak semua pompa ASI memiliki tombol Lock atau kunci. Hal ini dapat menghindari kesalahan kecil seperti tidak sengaja menekan tombol power ketika masih memompa ASI. Untuk mengaktifkannya, Moms dapat menekan tombol (+) dan (-) secara bersamaan pada bagian kiri mesin, atau yang terdapat tombol kunci. Jika sudah aktif, tombol kunci akan terlihat dalam layar. 

Tombol Mute 

Berdee D1 Breast Pump juga dilengkapi dengan tombol muteMoms. Fungsi dari tombol mute ini adalah mematikan suara tombol-tombol pada mesin pompa.  

Vacuum Setting 

Moms dapat menyesuaikan berapa level pemerahan ASI maupun level pijatan dengan menekan tombol (+) dan (-) di kanan dan kiri mesin pompa. Level paling kecil adalah 1 dan yang tertinggi adalah 9. Karena dilengkapi dua motor, Moms dapat mengatur level yang berbeda pada kedua payudara. 

Tombol Power 

Tombol power Berdee D1 Breast Pump terdapat di tengah mesin pompa. Untuk menyalakan dan mematikannya, tekan tombol selama 2-3 detik, lalu lepaskan hingga mesin menyala atau mati. 

Pause Button 

Tidak hanya tombol powerBerdee D1 Breast Pump juga dilengkapi dengan tombol pause atau jeda. Dengan begitu Moms bisa berhenti sejenak, lalu melanjutkan proses memompa ASI ketika sudah siap.

Spare-partBerdee D1 Breast Pump

pare-partBerdee D1 Breast Pump terbuat dari bahan-bahan yang aman diantaranya silikon, plastik Polypropylene (PP), dan Polyphenylsulfone (PPSU). Dalam Berdee D1 Breast PumpMoms akan mendapatkan serangkaian spare partdiantaranya: 

  • Dust Cover 
  • Breast Silicone 
  • Breast Shield Body 
  • Diafragma 
  • Cap 
  • Tubing Connector 
  • Power Adapter 
  • Tubing 
  • Pump Machine 
  • PPSU Wide Neck Bottle 150mL  
  • Bottle Stand 
  • Bottle Adapter 
  • Bottle Lid 
  • Nipple 
  • Bottle Neck 
  • Bottle Cap 

Cara Merakit Berdee D1 Breast Pump 

Merakit Berdee D1 Breast Pump itu tidak sulit asalkan kita tahu langkah-langkahnya. Berikut ini adalah langkah-langkah merakit pompa ASI sebelum digunakan: 

Pasangkan Breast Silicone keBreast Shield Body atau corong. Lalu, tutup bagian silikon dengan Dust Cover. Namun perlu diingat, Moms perlu melepas Dust Coversebelum memulai menggunakan pompa ASI. 

Pasang Diafragma pada bagian belakang corong untuk menghambat masuknya udara. Setelah itu, tutup dengan Cap. 

Pasangkan Breast Shield Body pada botol PESU yang disediakan oleh Berdee. Setelah terpasang rapi, Moms dapat memasang Bottle Stand dan lanjutkan merakit Breast Shield Body jika ingin memompa pada dua payudara sekaligus. 

Setelah terpasang, sambungkan botol dan mesin Berdee D1 Breast Pump, dengan selang yang telah disediakan. Masing-masing selang telah dilengkapi tubing connector agar penyambungan dengan mesin lebih mudah. 

Jika sudah terpasang, Moms bisa langsung menggunakan pompa ASI dengan mode yang bisa Moms sesuaikan. 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Berdee D1 Breast Pump 

Berdee D1 Breast Pump tidak sulit digunakan. Namun jika cara penggunaannya tidak tepat, pompa ASImanapun pasti akan jadi tidak nyaman saat digunakan. Bahkan, jika salah merakit dan menggunakan, pompa ASI malah jadi cepat rusak.  

Untuk menghindari hal-hal tersebut Moms sebaiknya memerhatikan beberapa tips berikut ini: 

  1. Pastikan semua spare-part sudah dicuci dan disterilisasi sebelum digunakan. Proses sterilisasi dianjurkan mengingat beberapa alat akan kontak langsung dengan payudara ibu dan/atau bayi. 
  1. Pada saat pemakaian pertama, hindari menggunakan mesin secara langsung. Pastikan charge mesin hingga baterai terisi penuh. Pengisian baterai biasanya membutuhkan waktu hingga 4,5 jam. Sementara itu, mesin dapat bertahan selama 2 jam (setiap pengisian penuh). 

Cara Membersihkan dan Merawat Pompa ASI 

  1. Cuci spare-part (kecuali selang) usai digunakan. 
  1. Gunakan sabun yang aman untuk bayi saat membersihkannya. 
  1. Sterilisasi seluruh spare-part agar aman digunakan. 
  1. Hindari membersihkan dengan handuk lembap karena dikhawatirkan ada bakteri yang menempel pada serat handuk. 
  1. Jika selang tidak sengaja tercuci dan air masuk ke dalam selang, gantilah dengan selang yang baru. Selang yang basah akan mengakibatkan mesin cepat rusak. 
  1. Untuk membersihkan mesin, gunakan lap lembap. 
  1. Setelah seluruh spare-part bersih, simpanlah di tempat yang aman. Jika ingin digunakan, pastikan seluruh spare-part kering terlebih dahulu. 

Nah itulah ulasan mengenai  Berdee D1 Breast Pump Terbaik Indonesia. Untuk Moms yang memang sedang cari-cari pompa ASI  untuk persediaan ASIP si Kecil, yuk, coba Berdee!